- See more at: http://otodidakers-tutor.blogspot.com/2013/05/cara-menampilkan-judul-posting-sebelum.html#sthash.86vRNnML.dpuf

Sabtu, 27 April 2019

Bambu Unik ”SONGGO LANGIT”




 Bambu songgo langit adalah bambu yang berpondasi sangat kokoh pada bonggol, diibaratkan seakan-akan mampu menyangga langit dengan ciri dia mempunyai bonggol muncul dari atas tanah kira-kira setengah meter, kemudian tumbuh normal seperti pada umumnya pertumbuhan bambu.

Ciri- cirinya ruas bongol batang bawah yang berakar sampai keluar ke permukaan tanah
dan di tumbuhi mata tunas dikanan dan kiri yang berdekatan, diatas bonggol ruas bamboo tumbuh normal seperti ruas bambu  pada umumnya.

Proses pembentukan bambu songgo langit mampu hidup setelah mengalami ujian, cobaan, digodok gemblengan hidup sehingga lulus, dan berhasil menyangga langit dalam artiam mampu mengemban tugas yang sangat berat atau menjalankan titah Sanghyang Kholiq yang telah disepakati sebelum manusia lahir yang masih berbentuk ruh.

“Sampai pada akhirnya manusia itu lahir dan menjalankan titah tugas sebagai pemimpin di muka bumi ini yaitu memayu hayuning bawono,”

Mengapa orang seperti ini berhasil sampai ke tingkat itu, karena dari awal dia mengalami cobaan dan gemblengan seperti yang tersirat pada bambu songgo langit. “Sehingga dia tahu jatidirinya dan tahu siapa tuhannya. Itulah sejarah mengapa bambu seperti itu disebut bambu songgo langit.

Songgolangit memiliki arti menyangga langit, Sehingga diartikan bahwa Songgo langit sama halnya dengan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar